SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiya
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5
Kelas/Program : V
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 44 x 30 menit
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||
5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen
dan desimal serta sebaliknya
|
PECAHAN
Operasi penjumlahan dan
pengurangan
o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi
Persen dan Sebaliknya
(hlm.
2)
o Mengubah pecahan Biasa menjadi
desimal dan sebaliknya
(Hlm.
2)
|
o Memahami langkah pengubahan
pecahan biasa menjadi persen dengan mengubah penyebutnya menjadi 100
![]() ![]()
o Memahami langkah pengubahan
pecahan biasa menjadi pecahan senilai yang memepunyai penyebut 10, 100, atau
1000
![]()
o Memahami cara mengerjakan contoh
soal Hlm. 5
![]() |
o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi
Persen
o Mengubah pecahan Biasa menjadi
desimal
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 3
Latihan 2
Hlm. 3
Latihan 3
Hlm. 4
|
8 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5B
Alat:
-
Buku
|
|||
5.2. Menjumlahkan dan mengurangkan
berbagai bentuk pecahan
|
PECAHAN
Operasi penjumlahan dan
pengurangan
o Menjumlahkan dan mengurangkan
berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o Pemecahan masalah sehari-hari
yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
|
o
Memahami contoh soal hlm 13 s.d hlm 20
o
Mengerjkan latihan 5 s.d 22 dan pengayaan
o
Menjelaskan contoh soal hlm. 13
![]()
o
Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan
menentukan KPK dari tiga penyebut
![]()
o
Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan
menentukan KPK dari tiga penyebut
![]()
o
Mempelajari contoh soal Hlm. 19
![]()
o
Mempelajari contoh soal Hlm. 20
![]()
o
Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan masalah
sehari-hari Hlm. 21
o
Mengerjakan latihan pengayaan Hlm. 24
|
o
Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o
Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o Menjumlahkan pecahan campuran
dengan persen dan desimal serta campuran
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan
persen dan pecahan desimal
o Menjumlahkan tiga pecahan
berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o Mengurangkan pecahan dari
bilangan asli
o Mengurangkan pecahan berpenyebut
tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o Mengurangkan dua pecahan campuran
serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o Penjumlahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut tidak sama
o Pengurangan pecahan dengan persen
dan desimal
o Menghitung penjumlahan dan pengurangan
terhadap masalah sehari-hari
|
Tugas
IndVidu dan Kelompok
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 5
Hlm. 6
Latihan 6
Hlm. 7
Latihan 7
Hlm. 8
Latihan 8
Hlm 9
Latihan 9
Hlm.10
Latihan 10
Hlm.11
Latihan 11, 12
Hlm.12
Latihan 13
Hlm.14
Latihan 14
Hlm.15
Latihan 15, 16
Hlm.16
Latihan 17
Hlm.17
Latihan 18,
Hlm. 18
Latihan 19,
Hlm. 19
Latihan 20,
Hlm. 20
Latihan 21
Hlm 22
Latihan 22
Hlm. 23
Latihan pengayaan Hlm. 24
Latihan 22
Hlm. 23
|
16
jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5B
Alat:
-
|
|||
5.3. Mengalikan dan membagi berbagai
bentuk pecahan
|
PECAHAN
Operasi
Perkalian dan pembagian
o
Perkalian Pecahan (Hlm. 26)
o
Pembagian pecahan (Hlm. 34)
|
o Mempelajari langkah pengerjaan
contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian
-
pecahan biasa dengan pecahan biasa
-
pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-
perkalian pecahan campuran dengan persen
o Meurunkan rumus
![]()
o Mengerjakn latihan 1 s.d 21
o Menjelaskan langkah pengerjaan
contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi pembagian yaitu pengurangan berulang sampai habis
pada :
-
pecahan biasa dengan pecahan biasa
-
pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-
perkalian pecahan campuran dengan persen
o Menjelaskan latihan pengayaan
Hlm. 42
o Mempelajari cara menjawab contoh
Hlm. 46
|
o
Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa
dengan pecahan biasa
o
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan
campuran dan sebaliknya
o
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan
desimal dan sebaliknya
o
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan
persen dan sebaliknya
o
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan
persen dan sebaliknya
o
Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
Latihan
1
hlm.
27
Latihan
2, 3
hlm.
28
Latihan
4
hlm.
29
Latihan
5
hlm.
30
Latihan
6
hlm.
31
Latihan
7
hlm.
32
Latihan
8
hlm.
33
Latihan
9
hlm.
34
Latihan
10 hlm. 35
Latihan
11 hlm. 36
Latihan
12
hlm.
37
Latihan
13, 14 hlm. 38
Latihan
15
hlm.
39
Latihan 16
hlm. 40
Latihan 17
hlm. 41
Latihan pengayaan
hlm. 42
Latihan
18 hlm. 35
Latihan
20, 21
hlm.
46
Latihan
pengayaan hlm. 49
|
12
jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
-
|
|||
5.4. Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
PECAHAN
Pecahan
dan perbandingan
o
Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan
keseluruhan (Hlm. 51)
o
Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm.
54)
|
o
Mempelajari langkah pengerjaan soal hlm. 51
Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
![]()
Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
![]()
o
Mengerjakan latihan 1 Hlm. 51 dan latihan pengayaan Hlm. 53
o
Mempelajari perbandingan pada suhu
Reamur(°R) : Celcius(°C) :
Fahrenheit(°F) = 4 : 5 (+ 32°)
o
Mengerjakan latihan 2, 3 hlm 55
o
Memahami soal cerita
mengenai perbandingan dan skala
Skala = jarak pada peta : jarak
benda
o
Mengerjakan latihan 4 Hlm. 56,
o
Mengerjakan latihan 5 Hlm. 57, dan latihan 6 Hlm. 58
o
Uji kompetensi Bab 4 Hlm. 61
|
o Mengenal perbandingan sebagian
dari keseluruhan sebagai pecahan
o Menghitung perbanding untuk
mengukur suhu dan skala
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 51
Latihan pengayaan Hlm. 53
Latihan 2, 3,
hlm 55
Latihan 4
Hlm. 56,
Latihan 5
Hlm. 57,
Latihan 6
Hlm. 58
Uji kompetensi Bab 4
Hlm. 61
|
8 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
-
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala
Madrasah MI. Jamiyatul Usbuiyah
(Sobriah Hasan, S. Pd.I.)
NIP.198208172007102003
|
|
Baros, ...............................
2012
Guru
Mapel Matematika
(Abdul Latif)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 32 x 30 menit
Standar Kompetensi :
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun datar
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
Bangun
Datar dan Bangun ruang
o
Bangun datar (Hlm. 64)
|
o Memahami sifat-sifat segitiga dan
menyebutkan macam segitiga :
-
segitiga sama sisi
-
segitiga sama kaki
-
segitiga siku-siku
-
segitiga sembarang
o Mempelajari cara mengambar
segitiga
o Mengerjakan latihan 1 s.d 6
o Menggambar persegi panjang
o Mempelajari sifat-sifat dan cara
menggambar trapesium dan jajaran genjang
o Memberikan pertanyaan apakah
lingkaran yang kamu buat berbentuk lingkaran yang sempurna ?
o Menyebutkan benda-benda apa saja
yang berbentuk lingkaran
o Mempelajari sifat-sifat dan cara
menggambar lingkaran
o Menjawab tugas Hlm. 73
o Mempelajari sifat-sifat dan cara
menggambar belah ketupat dan layang-layang
o Mengerjakan kegiatan Hlm. 75
|
o Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun segitiga dan persegi panjang
o Menggambar bangun segitiga dan
persegi panjang
o Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun trapesium dan jajargenjang
o Menggambar bangun segitiga dan
persegi panjang
o Mengidentifikasi sifat-sifat
lingkaran
o Menggambar lingkaran dengan
jangka
o Mengidentifikasi sifat-sifat
belah ketupat
o Menggambar belah ketupat
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
hlm. 65
Latihan 2
Hlm. 67
Latihan 3
hlm. 68
Latihan 4
hlm. 68
Latihan 5
Hlm. 71
Tugas
Hlm.
73
Latihan 6
Hlm. 74
Kegitan
Hlm.
75
|
8 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
-
Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
|
6.2. Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun ruang
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
Bangun
Ruang
(Hlm.
75)
|
o Memahami sifat-sifat dan cara
mengambar Bangun Ruang ;
-
Tabung
-
Prisma tegak segiempat
-
Limas segiempat
-
Limas segitiga
-
Kerucut
o Mengerjakan latihan 11 s.d 12
o Mengerjakan tugas
o mengerjakan tugas dari guru
latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79
|
o Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
o Menggambar bangun prisma tegak,
Limas, dan Kerucut
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 7
hlm. 77
Latihan 8
hlm. 78
Latihan
9
hlm.
79
Latihan 10
hlm. 80
Latihan 11
hlm. 81
Latihan 12
hlm. 83
Tugas hlm. 82
|
6 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
-
Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
|
6.3. Menentukan jaring-jaring berbagai
bangun ruang sederhana
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
Bangun
Ruang
(Hlm.
75)
|
o
Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
o
Memahami bahwa
jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu
o
Mengerjakan tugas Hlm. 85
o
Menugaskan untuk mengerjakan latihan 13
|
o Membuat jaring-jaring bangun
ruang sederhana
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
tugas Hlm. 85
latihan 13 hlm. 86
|
6 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
-
Busur derajat, penggaris, pensil, jangka
|
6.4. Menyelidiki sifat-sifat
kesebangunan dan simetri
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
o
Menunjukkan kesebangun antarbangun datar (Hlm. 88)
o
Menentukan simetri lipat dan simetri putar (Hlm. 91)
|
o
Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat
o
Menjelaskan contoh soal Hlm. 92
o
Menugaskan mengerjakan latihan 1 s.d 2
o
Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat
o
Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat
dan putar
|
o Menunjukkan sifat-sifat
kesebangun antarbangun
o Menunjukkan dan menentukan
sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 90
Latihan 2
Hlm. 92
|
6 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
|
6.5. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
|
o Menjawab soal yang berkaitan
dengan bangun datar dan ruang sederhana
o Mengerjakan uji kompetensi bab 5.
Hlm. 96
o Mengerjakan Latihan soal Akhir
Tahun Hlm. 99
|
o Menghitung masalah yang berkaitan
dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Uji kompetensi Bab 5. Hlm. 96
Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99
|
6 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar