RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu :
8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode :
Ceramah
A.
Standar
Kompetensi :
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi
organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang
berperan sebagai pernapasan
o
Siswa dapat Memahami istilah dari
- Diagfragma
- Gelambir
- Pleura
- Bronkus
|
- Alveolus
- Pundi-pundi
- Labirin
- Stigma
|
o
Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan
pernapasan perut
o
Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada :
- Manusia
- Burung
- Reptil
- Amfibi
|
- Ikan
- Serangga
- Cacing
|
o
Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan
hewan
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o
Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o Stoples
plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang,
Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
||||||||
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
|||||||
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang
alat pernapasan
F
Menyebutkan
bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
- Paru-paru
- Hidung
- Tenggorokan
F
Memahami
istilah dari
F
Memahami
pernapasan dada dan pernapasan perut
F
Memahami
proses pernapasan
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
|||||||
3.
Penutup
o
Mengulang proses pernapasan
o
Memberi tahu mengenai pertemuan yang
selanjutnya
|
|
|||||||
|
||||||||
Pertemuan ke-2
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
|
|||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan
kegiatan
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
|
|||||||
o
Memberikan kesimpulan dari kegiatan 1.1
o
Menyampaikan pertemuan untuk minggu berikutnya
|
|
|||||||
Pertemuan ke-3
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o
Memahami peta konsep tentang alat pernapasan
pada hewan
|
|
|||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
F
Memahami istilah dari
F
Memahami
proses pernapasan pada :
F
Mengetahui
cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan
F Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
|||||||
o
Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki
alat pernapasan yang berbeda-beda
o
Memberitahukan materi untuk minggu berikutnya
|
||||||||
Pertemuan ke-4
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.
|
|
|||||||
& sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia
dapat diakibatkan oleh pencemaran udara
dan serangan kuman
F
Memahami
gejala penyakit :
F
Memahami
pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
F Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan
manusia akibat serangan
kuman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
|||||||
o
Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat
dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.
o
Memberitahukan materi selanjutnya untuk
pertemuan yang akan datang
|
|
|||||||
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
o Membuat
model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Menjelaskan
penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup
udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan
diri memelihara kesehatan alat pernapasan
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
o Jelaskanlah
alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
o Buatkanlah
model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Jelaskanlah
penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup
udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Jelaskanlah
cara memelihara kesehatan alat pernapasan
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu :
8 x 45 menit (5 X pertemuan)
Metode :
Ceramah
A.
Standar
Kompetensi :
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.
Kompetensi
Dasar
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia
dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Menjelaskan tugas dari alat
pencernaan dan menyebutkan bagian alat pencernaan
- Rongga
mulut
- Kerongkongan
- Lambung
|
- Usus
halus
- Usus
besar
|
o
Siswa dapat Memahami fungsi rongga mulut,
kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar
o
Siswa dapat Menyebutkan gangguan pada alat
pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan tata cara makanan
o
Siswa dapat Memahami fungsi dari zat gizi,
kandungan zat gizi dalam makanan
o
Siswa dapat Memahami fungsi dari kar-bohidrat,
protein, lemak, air, mineral dan protein serta menyebutkan sumbernya
o
Siswa dapat Memahami menu makanan yang bergizi
seimbang (empat sehat lima
sempurna)
o
Siswa dapat Memahami cara mengolah bahan makanan
dengan benar.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o
Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia.
o
Hubungan Makanan Dan Kesehatan
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
|
|||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia.
2.
Menjelaskan
tugas dari alat pencernaan
3.
Memahami
proses pencernaan makanan secara mekanis dan kimia
4.
Memahami
fungsi kerongkongan dan lambung
5.
Memehami
peristiwa yang terjadi dilambung saat pencernaan
6.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
7. memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
2.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
4.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
5.
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
6.
Menyebutkan
enzim yang terdapat pada lambung.
7. Menyebutkan alat pencernaan
8. Menyebutkan isi dari rongga mulut
dan fungsinya seperti
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
|
|||||||
o
Mengulang proses pencernaan
o
Menyampaikan materi yang akan di bahas untuk
pertemuan selanjutnya
|
|
|||||||
|
||||||||
Pertemuan ke-2
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
|
|||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia.
2.
Memahami
fungsi dari usus halus
3.
Mampu
menyebutkan enzim yang terdapat pada getah pankreas
4.
Memahami
fungsi dari usus besar
5. Memahami istilah dari
–
Gerak peristaltik
–
Umbai cacing
6.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
7. memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Menyebutkan bagian dari usus
halus
–
Usus dua belas jari
–
Usus kosong
–
Usus penyerapan
2.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
3.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
5.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
6.
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
|
|||||||
o
Mengulang proses pencernaan
o Terjadi
pencernaan secara kimia dan penyerapan sari makanan di usu halus
o Terjadi
penyerapan air di dalam usus besar
o Memberitahu
materii yang akan di bahas untuk pertemuan yang akan datang
|
|
|||||||
Pertemuan ke-3
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o
Memahami peta konsep tentang alat pencernaan
pada manusia.
|
|
|||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa dapat Memahami penyebab
penyakit alat pencernaan pada manusia, seperti;
2. Memahami gejala penyakit alat
pencernaan pada manusia, seperti;
3. Mengetahui cara memelihara
kesehatan alat pencernaan
4.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
5. memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Menyebutkan gangguan pada alat
pencernaan makanan yang berhubungan dengan makanan dan tata cara makanan
2.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
3.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
|
|||||||
o
Mengulang penyakit yang menyerang manusia,
seperti diare, mag, radang usus, dan tifus
|
|
|||||||
|
||||||||
Pertemuan ke-4
|
||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.
o
Memahami peta konsep tentang makanan
|
|
|||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa
dapat Memahami fungsi dari zat gizi
2.
Kandungan
zat gizi dalam makanan
3. Memahami fungsi dari karbohidrat
–
Menghangatkan tubuh
–
Menjadi sumber zat tenaga
1.
Memahami
fungsi dari lemak sebagai sumber tenaga dan cadangan makanan
2.
Memahami
fungsi dari protein sebagai zat pembangun sumber tenaga
3.
Memahami
fungsi dari air untuk melarutkan zat makanan, melencar pencernaan dan
mengatur suhu tubuh.
4.
Memahami
fungsi dari mineral sebagi zat pembangun dan pengatur tubuhs
5.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
Menyebutkan
makanan yang banyak mengandung karbohidrat
2.
Menyebutkan
makanan yang banyak mengandung lemak nabati dan hewani.
3. Menyebutkan makanan yang banyak
mengandung protein nabati dan hewani
4.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
5.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
6.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
|
|||||||
o
Memberikan kesimpulan bahwa karbohidrat
sebagai sumber tenaga, lemak sebagai cadangan makanan, protein sebagi
pembangun tubuh, air untuk melarutkan makanan, mineral sebgai zat pembangun
dan pengatur tubuh.
|
|
|||||||
|
||||||||
Pertemuan ke-5
|
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.
o
Memahami peta konsep tentang makanan
|
|
|||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa
dapat Memahami fungsi dari vitamin sebagai pengatur tubuh
2. Memahami menu makanan yang bergizi
seimbang (empat sehat lima sempurna) Makanan pokok, Lauk pauk, Sayuran,
Buah-buahan dan Susu
3. Memahami cara mengolah bahan
makanan dengan benar, seperti: Tidak membeli makanan yang terbuka. Jika
membeli makanan yang tertutup perhatikan cara pengolahannya. Sayurang yang
dimakan mentah harus benar-benar dicuci bersih. Sayuran jangan dimasak
terlala matang karena dapat merusak zat gizi.s
4. Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
5. memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Menyebutkan beberapa jenis
vitamin dan manfaatnya
2.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
3.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
5.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
6.
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
|
|||||||
o
Memberikan kesimpulan bahwa makanan yang
bergizi seimbang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan
vitamin
|
|
|||||||
o
Tugas
|
|
|||||||
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
alat pencernaan makanan pada manusia.
o Mencari
informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.
o Mempraktekkan
kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.
o Mengidentifikasi
makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan
susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat.
o Mempraktekkan
cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah
alat pencernaan makanan pada manusia.
o Jelaskanlah
tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.
o Praktekkan
kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.
o Jelaskanlah
makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan
susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat.
o Praktekkan
cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode :
Ceramah
A.
Standar
Kompetensi :
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.
Kompetensi
Dasar
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami fungsi g dan pembuluh
darah.
o
Siswa dapat Memahami bahwa g terdiri dari empat
ruang
- Serambi
kiri
- Serambi
kanan
|
- Bilik
kiri
- Bilik
kanan
|
o
Siswa dapat Memahami bahwa pembuluh darah
- Pembuluh
Nadi (Arteri)
- Pembuluh
Balik (Vena)
o
Siswa dapat Memahami perbedaaan antara pembuluh
nadi dan pembuluh balik
o
Siswa dapat Memahami intilah
- Aorta
- Arteri
|
- Vena
- Pembuluh
kapiler
|
o
Siswa dapat Memahami proses peredaran darah
tertutup dan macam peredaran darah berdasarkan panjang pendek jalur yang
ditempuh
- Pembuluh
Nadi (Arteri)
- Pembuluh
Balik (Vena)
o
Siswa dapat Mampu menghitung denyut nadi sendiri
dan orang lain
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Organ tubuh manusia
Alat Peredaran
Darah Pada Manusia.
o
g
o
Pembuluh darah
o
Proses peredaran darah manusia
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
|
||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang alat peredaran darah manusia
2.
Memahami
fungsi g dan pembuluh darah
3.
Memahami
bahwa g terdiri dari empat ruang
1.
Memahami
bahwa pembuluh darah terdiri dari dua arah aliran
-
Pembuluh Nadi (Arteri)
-
Pembuluh Balik (Vena)
1.
Memahami
perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik
2.
Memahami
intilah
1. Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
2.
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
3. membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
4. memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
5. memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
6. memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
7. memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
8.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
9.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
|
||||
o
Mengulang fungsi dari g, pembuluh darah
|
|
||||
–
|
|
||||
Pertemuan ke-2
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
\
|
||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa
dapat Memahami proses peredaran darah tertutup pada manusia
2.
Memahami
macam perdaran darah berdasarkan panjang pendek jalur yang ditempuh: Pembuluh
Nadi (Arteri) dan Pembuluh Balik (Vena)
3.
Mampu
menghitung denyut nadi sendiri dan orang lain
4.
Mengetahui
perpedaaan denyut nadi pada anak-anak dan orang dewasa.
5.
Mengetahui
alat elektrokardiograf sebagia alat untyuk memeriksa denyut k
6.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
3. memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
5. memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulang
|
|
||||
o
Mengulang proses peredaran darah:
o Peredaran
dara kecil : g → paru–paru → g
o Peredaran
darah besar : g → seluruh tubuh (kecuali paru-paru)→ g
|
|
||||
o
Mengambar peredaran darah
|
|
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia
melalui gambar.
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
o
Jelaskanlah alat peredaran darah manusia
melalui gambar.
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu :
2 x 45 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.
Kompetensi
Dasar
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran
darah manusia
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami penyakit yang menyerang
darah dan alat peredaran darah
- Anemia
- Leukimia
-
Hipertensi
-
Penyakit g bawaan
-
Pembuluh nadi mengeras
o
Siswa dapat Memehami cara memelihara kesehatan
alat peredaran darah
-
menghindari makanan berlemak tinggi
-
membiasakan pola makan yang sehat
-
kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang
teratur
o
Siswa dapat Memahami perbedaaan antara pembuluh
nadi dan pembuluh balik.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Alat Peredaran
Darah Pada Manusia.
o
Penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran
darah
o
Memelihara kesehatan Alat peredaran darah
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
|
||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat Memahami penyakit yang menyerang darah dan alat
peredaran darah
Memehami cara memelihara
kesehatan alat peredaran darah
-
menghindari makanan berlemak tinggi
-
membiasakan pola makan yang sehat
-
kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang
teratur
1.
Memahami
perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik
Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
3. memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
5. memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
6. Melakukan uji kompetensi
7. Latihan soal
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
|
||
o
Memberikan kesimpulan untuk memelihara
kesehatan alat peredaran darah yaitu dengan ;
- menghindari
makanan berlemak tinggi
- membiasakan
pola makan yang sehat
- kegiatan
fisik, istirahat dan olah raga yang teratur
|
(5 menit)
|
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mencari informasi tentang penyakit yang
mempengaruhi alat peredaran darah manusia.
o
Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk
menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
o
Jelaskanlah tentang penyakit yang mempengaruhi
alat peredaran darah manusia.
o
Praktekkan kebiasaan hidup sehat untuk
menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Tumbuhan Hijau
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi :
2. Memahami cara
tumbuhan hijau membuat makanan
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami proses pembuatan makanan
pada tumbuhan sebagai fotosintesis
o
Siswa dapat Mengetahui bahan-bahan yang
diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
- air
→ diperoleh melalui akar
- karbon
dioksida → masuk dari udara melalui
stomata dan lentisel
- cahaya
matahari → diserap oleh klorofil
o
Siswa dapat Mengetahui proses pengubahan air dan
karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3)
o
Siswa dapat Mengetahui hasil fotosintesis berupa
- Karbohidrat
- oksigen
o
Siswa dapat Mengetahui tempat menyimpan makanan
cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya
a. di
dalam umbi
b. di
dalam buah
c. dalam
biji
d. di
dalam batang.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Pembuatan makanan
pada tumbuhan hijau
o
Proses tumbuhan hijau membuat makanan
o
Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan
hijau
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
||||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa dapat Memahami peta konsep tentang
tumbuhan hijau
2. Memahami proses pembuatan makanan pada
tumbuhan sebagai fotosintesis
3.
Mengetahui
bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
-
air → diperoleh melalui akar
-
karbon dioksida → masuk dari udara melalui stomata dan
lentisel
-
cahaya matahari → diserap oleh klorofil
4. Mengetahui proses pengubahan air dan
karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar )
5. Mengetahui hasil fotosintesis
berupa
-
Karbohidrat
-
oksigen
6. Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
3. memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
5. memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||||||||
o
Mengulang proses fotosintesis
o
Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan
bantuan cahaya disebut fotosintesis
o
Hasil fotosintesis adalah karbohidrat dan
oksigen
o
Memberi tahu materi untuk minggu yang akan
datang
|
(5 menit)
|
||||||||||||
o
Tugas
|
|
||||||||||||
Pertemuan ke-2
|
|
||||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menagih tugas
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa dapat Memahami peta konsep tentang
tumbuhan hijau
2.
Memahami
bahwa karbohidrat yang dihasilkan digunakan untuk tumbuh, memperbanyak
diri dan makanan cadangan
3. Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
Menyebutkan tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan
di dalam umbi
di dalam buah
di dalam biji
di dalam batang
2. membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
3. memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
4. memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
5. memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
6. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||||||||
o
Memberikan kesimpulan
-
Makanan cadangan disimpan di dalam umbi, buah,
biji dan batang
-
Menyampaikan materi ajar yang akan di bahas
untuk pertemuan yang akan datang
|
(5 menit)
|
||||||||||||
o
-
|
|
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menjelaskan
proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya
matahari dan cahaya lain. #)
o Menunjukkan
tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.
|
Tugas Individu
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah
proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya
matahari dan cahaya lain. #)
o Sebutkanlah
tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Tumbuhan Hijau
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode :
Ceramah
A.
Standar
Kompetensi :
2. Memahami cara
tumbuhan hijau membuat makanan
B.
Kompetensi
Dasar
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan
pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami tumbuhan hijau sebagai
sumber makanan
o
Siswa dapat Menyebutkan bagian tumbuhan yang
dapat dimanfaatkan
o
Siswa dapat Mengetahui bahwa tumbuhan mempunyai
manfaat sebagai
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Tumbuhan Hijau
o
Manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan
hijau.
o
Keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau.
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
|||||||||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
|
|||||||||||||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa dapat Memahami peta konsep tentang
tumbuhan hijau
2.
Memahami
tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
3. Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Menyebutkan bagian tumbuhan yang
dapat dimanfaatkan
b.
Daun-daunan
c.
Bunga-bungaan
d.
Buah-buahan
e.
Umbi-umbian
f.
Tunas
g.
Biji
2.
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
3.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
5.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
6.
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
|
|||||||||||||||||
o
Bagian tumbuhan yang menjadi sumber makanan
adalah daun, bunga, buah, umbi, tunas dan bij.
|
|
|||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||
Pertemuan ke-2
|
|
|||||||||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
|
|||||||||||||||||
sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau
2. Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
3.
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Mengetahui bahwa tumbuhan
mempunyai manfaat
2. memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
3. memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
|
|
|||||||||||||||||
o
Memberikan kesimpulan
-
Manusia membutuhkan tumbuhan hijau sebagi
sumber makanan, bahan penyedap rasa, obat-obatan, bahan sandang, peralatan
rumah tangga
-
Memberitahu materi untuk pertemuan yang akan
datang
|
|
|||||||||||||||||
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.
o Menjelaskan
pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
o Memprediksi
yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.
|
Tugas Individu
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Sebutkanlah
bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.
o Jelaskanlah
pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
o apa
yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Penyesuaian
makhluk hidup dengan lingkungannya
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode :
Ceramah
A.
Standar
Kompetensi :
3.
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan
lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang
menyesuaikan dengan lingkungannya
o
Siswa dapat Mememahami penyesuaian diri
hewan-hewan dalam memperoleh makanan
o
Siswa dapat Mememahami hewan-hewan dalam
melindungi diri dari musuhnya
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Penyesuaian dengan
lingkungannya
o
Hewan menyesuaikan diri untuk memperoleh makanan
o
Hewan melindungi diri dari musuhnya
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang
menyesuaikan dengan lingkungannya
2.
Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam
memperoleh makanan
- Kupu-kupu
→ alat penghisap nektar yang panjang (probosis)
- Lebah→
mempunyai bentuk mulut penjilat
- Nyamuk
→ mempunyai bentuk mulut penusuk
- Burung
→ mempunyai bentuk paruh dan kaki
beraneka ragam
-
Unta →
mempunyai punuk
3. Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
4.
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Melakukan
tugas
2.
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan
o
Bentuk dan susunan tubuh hewan sesuai dengan
jenis dan cara memperoleh makanannya
|
(5 menit)
|
-
|
|
Pertemuan ke-2
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Siswa
dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
2.
Mememahami
hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya
- Bunglon
→ dapat mengubah warna tubuhnya
- Walang
sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat
- Walang
daun → bentuk dan warna tubuh yang
menterupai daun
- Harimau,
anjing dan singa → mempunyai kuku dan gigi yang tajam
- Sapi,
kambing, kerbau dan kijang → mempunyai
tanduk yang runcing
- Kala
jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat
- Ular
berbisa → mempunyai bisa (racun)
- Ular
tak berbisa → melindungi diri dengan membelitkan tubuh ke tubuh
musuhnya
- Cumi-cumi
→ menyemburkan cairan seperti tinta
- Siput
→ mempunyai pelindung tubuh yang keras yang disebut rumah siput
- Musang
dan kumbang → berpura-pura mati ketika
diserang musuh
- Cecak
→ memutuskan ekor
3.Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
4. memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
Melakukan tugas
2. memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
3. memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan
o
Hewan melindungi diri dari musuhnya dengan
cara yang berbeda-beda
o
Memberitahukan materi yang akan di bahas di
pertemuan selanjutnya
|
(5 menit)
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri
dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari
musuhnya.
|
Tugas Individu
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Sebutkanlah
contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh
makanan dan melindungi diri dari musuhnya.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Penyesuaian
makhluk hidup dengan lingkungannya
Waktu :
2 x 45 menit
Metode :
Ceramah
A.
Standar Kompetensi
:
3.
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
B.
Kompetensi
Dasar
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan
lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tumbuhan yang
menyesuaikan dengan lingkungannya
o
Siswa dapat Memahami bahwa tumbuhan ada yang
hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di air.
o
Siswa dapat Memahami bahwa bentuk penyesuaian
diri tumbuhan berbeda-beda
o
Siswa dapat Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan
diri dari musuhnya
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Penyesuaian
tumbuhan dengan lingkungannya
o
Tumbuhan menyesuaikan diri untuk kelangsungan
hidupnya
o
Tumbuhan melindungi diri dari musuhnya
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||||||||||||||||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
4.
Memahami
bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya
5. Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
6.
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
|
(50 menit)
|
||||||||||||||||||||||||
o
Bagian tubuh tumbuhan yang berupa duri dan
getah digunakan tumbuhan untuk melindungi diri dari musuhnya.
o
Menginformasikan materi yang akan di bahas
untuk pertemuan yang akan datang
|
(5 menit)
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mendeskripsikan
ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya
memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.
|
Tugas Individu
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah
ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya
memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Benda Dan
Sifatnya
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A.
Standar
Kompetensi :
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan
penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
B.
Kompetensi
Dasar
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya,
misalnya benang, kain, dan kertas
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan
tali temali
o
Siswa dapat Mengetahui bahan penyusun tali
temali
o
Siswa dapat Memahami sifat benda yang dapat
digunakan sebagai tali:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan
tali temali.
o
Siswa dapat Mengelompokkan tale temali
berdasarkan struktur benang penyusunnya
o
Siswa dapat Memahami kekuatan bahan tali temali
berbeda-beda untuk setiap jenisnya
o
Siswa dapat Memahami cara mengukur kekeuatan
bahan tali tenali.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
o
Penyusun bahan tali temali.
o
Kekuatan bahan tali temali
o
Sifat tali temali
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o Seutas
tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa pembesar
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
3. Memahami sifat atau ciri-ciri benda yang
dapat digunakan sebagai tali: Lentur dan Kuat
4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
5. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
|
(50 menit)
|
||||||||||
o
Mengulang materi
o
Berdasarkan bagian penyusunnya, tali-temali
dikelompokkan menjadi serat, benang, dan tambang
o
Menginformasikan materi untuk pertemuan yang
akan datang
|
(5 menit)
|
||||||||||
Pertemuan ke-2
|
|
||||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||||||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
|
(50 menit)
|
||||||||||
o
Mengulang kekuatan dan sifat tali
o Tegangan
maksimal yang dapat ditanggung oleh tali menunjukkan kekeuatan tali
o Tali
temali meiliki sifat sesuai dengan sifat bahan penyusunnya
|
(5 menit)
|
||||||||||
|
|||||||||||
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan
tali-temali.
o Memberi
contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
o Mengidentifikasi
bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya.
o Membandingkan
kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis
benang/kertas.
o Menyimpulkan
dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan
sifatnya.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
o Sebutkanlah
beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan
tali-temali.
o Sebutkanlah
contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
o Sebutkanlah
bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya.
o Jelaskanlah
kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis
benang/kertas.
o Simpulkan
dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan
sifatnya.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Jamiyatul Usbuiyah.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Benda Dan
Sifatnya
Waktu :
4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A.
Standar
Kompetensi :
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan
penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
B.
Kompetensi
Dasar
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik
sementara maupun tetap
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o Siswa
dapat Memahami penyebab perubahan pada benda
- Pemanasan
- Pendinginan
- Penyubliman
- Pembakaran
|
- Pencampuran
dengan air
- Pembusukan
- Perkaratan
|
o Siswa
dapat Menyebutkan contoh perubahan yang dapat kembali.
o Siswa
dapat Memahami prosese pembuatan garam
o Siswa
dapat Menyebutkan contoh perubahan yang tidak dapat kembali.
- Pembusukan
pada sayuran dan buah
- Pemasakan
nasi
- Pembuatan
bubur
- Perkaratan
pada besi
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi Essensial
o Perubahan
Sifat benda.
o Perubahan
wujud yang dapat kembali dan tidak dapat kembali
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o Sebatang
lilin, sehelai kertas, sekantung semen putih, seember air.
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang perubahan benda
Memahami penyebab perubahan pada benda
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Melakukan tugas
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
7.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
o
Memberikan kesimpulan bahwa perubahan sifat
pada benda dapat diamati
|
(5 menit)
|
||
Membaca materi penyebab
perubahan benda
|
|
||
Pertemuan ke-2
|
|
||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang perubahan benda
Memahami penyebab perubahan benda akibat pemanasan
- air
dipanaskan → uap
- es
batu dibiarkan di udara → mencair
- mentega
dipanaskan → mencair atau meleleh
- mentega
didinginkan → membeku
Memahami penyebab perubahan benda akibat pendinginan
- air
didinginkan → es
Memahami penyebab perubahan benda akibat penyubliman
Memahami penyebab perubahan benda akibat pembakaran
Memahami penyebab perubahan benda akibat pencampuran dengan air
Memahami penyebab perubahan benda akibat pembuksukan
Memahami penyebab perubahan benda akibat perkaratan
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
o
Memberikan kesimpulan bahwa perubahan sifat
benda dapat disebabkan karena pemanasan, pendinginan, penyubliman,
pembakaran, pencampuran dengan air, pembusukan dan perkaratan.
|
(5 menit)
|
||
Pertemuan ke-3
|
|
||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan
Indikator Pencapaian Kompetensi
o
Memahami peta konsep tentang perubahan benda
|
(5 menit)
|
||
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat Memahami prosese pembuatan garam
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Menyebutkan contoh perubahan yang dapat kembali.
Menyebutkan contoh perubahan yang tidak dapat kembali.
-
Pembusukan pada sayuran dan buah
-
Pemasakan nasi
-
Pembuatan bubur
-
Perkaratan pada besi
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
Mengerjakan uji kompetensi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
o
Mengulang materi
“Perubahan wujud seperti pada
kertas yang dibakar merupaklan perubahan wujud yang tidak dapat datang
kembali”
Memberitahukan kepada siswa
untuk materi yang akan di bahas di pertemuan selanjutnya
|
(5 menit)
|
||
o
Latihan soal
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengumpulkan
data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan
bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan.
o Mendeskripsikan
sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses.
o Mengidentifikasi
faktor yang menyebabkan perubahan pada benda.
o Mengidentifikasi
benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah
mengalami suatu proses.
o Mendeskripsikan
kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Kumpulkan
data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan
bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan.
o Jelaskanlah
sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses.
o Jelaskanlah
faktor yang menyebabkan perubahan pada benda.
o Jelaskanlah
benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah
mengalami suatu proses.
o Jelaskanlah
kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan.
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
SAINS
Abdul Latif
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar