RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MI.
Jamiyatul Usbuiyah
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit.
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai
juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai
juang para pahlawan.
§ Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan
meraih kemerdekaan.
§ Siswa mampu menyebutkan macam-macam
perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§ Siswa mampu menceritakan arti dan nilai
Kebangkitan Nasional.
§ Siswa mampu menceritakan arti dan nilai
yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
§ Kebangkitan Nasional.
§ Sumpah Pemuda.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
F Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan selama liburan.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
nama dan asal pahlawan Indonesia.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia
dijajah oleh bangsa asing.
F Bertanya jawab mengenai suasana pada masa
penjajahan.
F Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang
pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
F Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan
daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
F Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan
rakyat di berbagai wilayah.
F Guru bertanya mengapa perlawanan di
berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
F Bersama pasangan, siswa ditugaskan
mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
F Membaca secara bergantian mengenai
Kebangkitan Nasional.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi mengenai mengapa timbul
kesadaran berbangsa.
F Guru menjelaskan asal-usul Hari
Kebangkitan Nasional.
F Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari
Kebangkitan Nasional pada masa kini.
F Melanjutkan membaca teks mengenai Sumpah
Pemuda.
F Menjelaskan kepada siswa mengapa timbul
Sumpah Pemuda.
F Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda
dengan baik dan sungguh-sungguh.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan isi
dan maksud Sumpah Pemuda.
F Untuk pengayaan dan untuk mengukur
ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket
PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto para pahlawan.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ mendiskripsi-kan
nilai-nilai juang para pahlawan
§ Menceritakanarti dan
nilai Kebangkitan Nasional.
§ Menceritakan arti dan
nilai Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan isi Pancasila
§ Memahami nilai
tiap-tiap butir Pancasila
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulis
§ Penilaian sikap
|
§ Menceritakan mengapa
Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
§ Menjelaskan nilai yang
terkandung pada Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
PKN
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MI.
Jamiyatul Usbuiyah
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.2 Menceritakan secara singkat
nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menceritakan nilai kebersamaan
dalam proses Perumusan Pancasila.
§ Siswa mampu menyebutkan isi perumusan
Negara RI.
§ Siswa mampu menyebutkan isi Piagam
Jakarta.
§ Siswa mampu menyebutkan isi Pancasila
dengan baik dan tepat.
§ Siswa mampu memahami nilai tiap butir
Pancasila.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§ Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan
Kemerdekaan Indonesia.
§ Perumusan Dasar Negara RI.
§ Panitia Sembilan.
§ Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§ Rumusan Pancasila yang disahkan pada
tanggal 18 Agustus 1945.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
F Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
isi dan makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan
Kemerdekaan Indonesia”.
F Bertanya jawab tentang gambaran keadaan
bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
F Melanjutkan membaca teks tentang BPUPKI secara
bergiliran.
F Bertanya jawab tetang tujuan dibentuknya
BPUPKI.
F Melanjutkan membaca teks tentang Perumusan
Dasar Negara RI.
F Guru bertanya calon rumusan siapakah yang
paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
F Melanjutkan membaca teks mengenai Panitia
Sembilan secara bergiliran.
F Guru menjelaskan hasil kerja Panitia
Sembilan.
F Membaca teks mengenai Panitia Persiapan
Kemerdekaan Indonesia.
F Dilanjutkan dengan membaca Rumusan
Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bersama-sama rumusan Pancasila
yang disahkan.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan
nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila.
F Membaca kemudian menjelaskan dengan
kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila.
F Menyanyikan lagu Gaaruda Pancasila dengan
semangat dan sikap sempurna.
F Untuk pengayaan dan untuk mengukur
ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada
di dalam buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto Garuda Pancasila.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§ Buku referensi lain.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Menceritakan
nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§
Menyebutkan
isi perumusan Negara RI.
§
Menyebutkan
isi Piagam Jakarta.
§
Menyebutkan
isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§
Memahami
nilai tiap butir Pancasila.
|
§ Tugas individu
|
§ penilaian lisan,
penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
|
Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam
rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
PKN
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MI.
Jamiyatul Usbuiyah
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.3 Meneladani nilai-nilai juang
para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
dalam kehidupan sehari-hari.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
menerapkan nilai-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
Meneladani
nilai-nilai perjuangan.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
F Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
makna Garuda Pancasila yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
F Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu
Garuda Pancasila dengan semangat dan bersungguh-sungguh.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan
Kemerdekaan Indonesia”.
F Bertanya jawab tentang gambaran keadaan
bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Bertanya jawab tentang agama yang diakui
di Indonesia beserta tempat ibadahnya.
F Guru menugaskan siswa untuk menjawab
pertanyaan dengan memilih gambar yang tepat sesuai dengan nilai-nilai
perjuangan.
F Membahas bersama soal-soal.
F Guru menugaskan siswa untuk mewarnai
dengan baik jawaban soal yang tepat.
F Bertanya jawab mengenai nilai yang
dipesankan pada setiap kasus.
F Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai perjuangan meraih kemerdekaan, proses perumusan Pancasila dan
meneladani nilai-nilai perjuangan. Kemudian berlatih soal-soal latihan pada
”Ayo Belajar”, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta untuk menyiapkan kertas
ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan
ulangan harian.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diberikan lembar soal ulangan
harian.
F Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik menyontek.
F Guru mengumpulkan kertas ulangan jika
waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto para pahlawan.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§ Buku referensi lain.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menerapkan nila-nilai
juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari.
§ Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
§ Tugas individu
§ Tugas latihan.
§ Ulangan harian
|
§ Penilain tulisan.
§ Penam-pilan kap.
§ Pilihan ganda.
Essai.
|
§ Menjelaskan mengapa terjadi perubahan
dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
§ Robert melihat temannya
berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah….
§ Arti Pancasila adalah ....
a.
tiga
sila
b.empat sila
c.
lima
sila
d.
enam
sila
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
PKN
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MI.
Jamiyatul Usbuiyah
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
2. Memahami sistem pemerintahan Republik
Indonesia.
Kompetensi Dasar
2.1
Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menceritakan proses pemilu di
Indonesia.
§ Siswa mampu menyebutkan arti san asas
pemilihan umum di Indonesia.
§ Siswa mampu menyebutkan tahun-tahun
pemilihan umum di Indonesia.
§ Siswa mampu menyebutkan tiga tahapan dalam
pemilu tahun 2004.
§ Siswa mampu menyebutkan persyaratan calon
Presiden dan Wakil Presiden.
§ Siswa mampu menyebutkan daftar Presiden
RI.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas dan wewenang
KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
§ Siswa mampu menyebutkan larangan-larangan
pada pelaksanaan kampanye.
§ Siswa mampu menyebutkan aturan-aturan
pemilihan Kepala Daerah.
§ Siswa mampu menyebutkan aturan Peraturan
Pemerintah (PP).
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Arti dan asas Pemilu
§ Pelaksanaan Pemilu
§ Proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§ Pemilihan Kepala Daerah
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
F Membahas tugas yang pekerjaan rumah.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Pemilihan Umum di
Indonesia.
F Bertanya jawab mengenai arti dan asas
Pemilu
F Guru bertanya tentang tujuan diadakannya
Pemilu.
F Siswa menceritakan proses Pemilu yang
pernah dilihat oleh siswa baik secara langsung ataupun melalui layar kaca.
F Bertanya jawab mengenai syarat Presiden
menurut masing-masing siswa.
F Semua siswa mengamati lambang tiga peserta
pada zaman Orde Baru.
F Guru mengajak siswa menyebutkan nama-nama
Presiden RI dan wakilnya.
F Semua siswa mengamati gambar daftar
Presiden RI.
F Guru menjelaskan tujuan dan pelaksanaan
kampanye
F Guru bertanya tentang pengalaman para
siswa mengikuti pemilihan di kelasnya, contohnya pemilihan ketua kelas atau
ketua OSIS.
F Bertanya jawab mengenai sikap yang
seharusnya dimiliki pada saat mengikuti pemilihan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto Pemilu.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menceritakan proses Pemilu di Indonesia.
§ Menyebutkan arti dan
asas Pemilihan Umum di Indonesia.
§ Menyebutkan tahun-tahun
pemilihan umum di Indonesia.
§ Menyebutkan tiga
tahapan dalam pemilu tahun 2004.
§ Menyebutkan persyaratan
calon presiden dan wakil presiden.
§ Menyebutkan daftar
presiden RI.
§ Menyebutkan tugas dan
wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§ Mengetahui
larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
§ Menyebutkan
aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
§ Menyebutkan aturan
Peraturan Pemerintah (PP).
|
§ Tugas Individu
§ Tugas berpasangan
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulisan
|
§ Menjelas-kan mengapa di
negara kita diadakan pemilihan umum.
§ Mengapa pelaksanaan
kampanye harus diatur sedemikian rupa?
§ Buatlah laporan proses
pemilihan ketua kelas di sekolahmu
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
PKN
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MI.
Jamiyatul Usbuiyah
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2x 35 menit (1
pertemuan).
Standar Kompetensi**
2. Memahami sistem pemerintahan Republik
Indonesia.
Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai
UUD 1945 hasil amandemen.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyebutkan lembaga-lembaga
negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§ Siswa mampu menyebutkan wewenang MPR.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas, fungsi, dan
hak-hak DPR.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas-tugas DPD.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas-tugas
legislatif Presiden bersama DPR.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas BPK.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas-tugas
Mahkamah Agung (MA).
§ Siswa mampu menyebutkan kewenangan MK.
§ Siswa mampu menyebutkan fungsi Komisi
Yudisial.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
§ Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
§ Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
§ Presiden.
§ Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
§ Kekuasaan Kehakiman.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
F Membahas tugas yang pekerjaan rumah.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca
oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Lembaga-lembaga Negara.
F Guru bertanya tentang fungsi lembaga
negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi mengenai suasana suatu negara
apabila tidak memiliki pemerintah.
F Guru menjelaskan lembaga-lembaga negara
RI.
F Berdiskusi mengenai sistem pemerintahan
negara RI.
F Siswa diminta untuk mengamati bagan
hubungan lembaga negara RI.
F Guru menjelaskan bagan hubungan lembaga
negara RI.
F Guru menjelaskan asas pemerintahan
Indonesia.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto lembaga-lembaga negara.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§ Surat Kabar, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ -Menyebut-kan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§ Menyebutkan wewenang
MPR.
§ Menyebutkan tugas,
fungsi, dan hak-hak DPR.
§ Menyebutkan tugas-tugas
DPD.
§ Menyebutkan tugas-tugas
legislatif Presiden bersama DPR.
|
Tugas
Individu
|
§ Penilaian tulisan.
|
§ Menjelas-kan mengapa
dalam suatu negara diperlukan lembaga-lembaga negara (eksekutif, legislatif,
dan yudikatif).
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
PKN
Abdul Latif
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MI.
Jamiyatul Usbuiyah
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4x 35 menit (2
pertemuan).
Standar Kompetensi**
2. Memahami sistem pemerintahan
Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar
2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan
pusat dan daerah.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyebutkan tugas dan fungsi
pemerintahan pusat.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas
masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas dan fungsi
pemerintah daerah.
§ Siswa mampu menyebutkan perangkat daerah.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
§ Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
§ Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
§ Presiden.
§ Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
§ Kekuasaan Kehakiman.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
F Membahas tugas pekerjaan rumah.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Pemerintah Pusat.
F Guru bertanya mengenai defenisi
pemerintah.
F Tanya jawab tentang sistem pemerintahan
Indonesia.
F Tanya jawab mengenai defenisi hukum.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi mengenai aparat penegak hukum
dan fungsinya.
F Guru menjelaskan sistem pemerintah pusat.
F Siswa membaca teks mengenai hubungan
pemerintah pusat dan daerah.
F Bersama-sama menyebutkan susunan
pemerintah daerah.
F Guru memberi penjelasan mengenai
pemerintah daerah dan fungsinya.
F Berdiskusi mengenai otonomi daerah dan
fungsinya
F Bertanya jawab mengenai manfaaat otonomi
daerah.
F Guru menugaskan siswa untuk membuat bagan
perbandingan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
F Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan
tugas ”Ayo Bercerita”.
F Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai pemilihan umum di Indonesia, proses pemilu Presiden/Wakil
Presiden dan pilkada, lembaga-lembaga negara, serta pemerintahan pusat dan
pemerintahan daerah, kemudian berlatih soal-soal latihan pada ”Ayo Belajar”, untuk menghadapi ulangan
harian pada pertemuan berikutnya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa bersoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan
peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diberikan lembar soal ulangn harian.
F Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik menyontek.
F Guru mengumpulkan kertas ulangan jika
waktu pengerjaan soal ulangan harian telas selesai.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya,
yaitu tentang mengenal peranan Indonesia di Asia Tenggara.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Bagan pemerintah pusat dan daerah.
§ Foto/gambar aparat penegak hukum.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyebutkan tugas dan
fungsi pemerintah pusat.
§ Menyebutkan tugas
masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§ Menyebutkan tugas dan
fungsi pemerintah daerah.
§ Menyebutkan perangkat
daerah
§ Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses
Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta
pemerintah pusat dan pemerintah daerah
|
Tugas
Kelompok
Ulangan
harian.
|
§ Penilaian tulisan
§ Pilihan ganda.
§ Penilaian lisan atau
tertulis (uraian).
|
§ Mencerita-kan
pengalaman tentang kampanye pemilu atau pilkada di daerah masing-masing.
§ Kekuasa-an tertinggi negara
berada di tangan ...
a. DPR
b. MPR
c. Presiden
d. menteri
§ Apa yang dimaksud
dengan pemilihan umum?
|
Mengetahui
|
|
Serang,
............. ..2011
|
Kepala Sekolah
Sobriah Hasan
S.Pd.i
NIP. 198208172007102003
|
|
Guru Mata Pelajaran
PKN
Abdul Latif
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar