MOTTO : HIDUP TERASA LENGKAP DENGAN MELENGKAPI KEHIDUPAN ORANG LAIN

Senin, 13 Februari 2012

RPP Matematika Kelas 5




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MI. JAMIYATUL USBUIYAH



KELAS  V
SEMESTER  1



Mata Pelajaran : Matematika
Tahun Pelajaran 2011-2012





Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 1
Alokasi Waktu        : 2 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah


I.      Kompetensi Dasar                         :  Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.

II.      Indikator                                         : 
Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), assosiatif (pengelompokan), dan distributif dalam perhitungan

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

IV.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

V.      Metode Pembelajaran                    : Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang macam-macam  bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Pada awal pembelajaran guru dan murid Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan  4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan).
b.      Elaborasi
Menjelaskan pembagian sifat hitungan dalam bilangan bulat
Menjelaskan langkah-langkah mengerjakan hitungan dalam sifat bilangan bulat ( komutatif dan asosiatif ) penjumlahan dan perkalian
c.       Konfirmasi
Setelah selesai melakukan percobaan dan penjelasan oleh guru lalu ditarik kesimpulan kemudian siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.

Kegiatan Akhir
Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaa nrumah dan memberi tahu materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  Kancing Baju
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian

Instrumen
1.       52 + 17 = …….+…….
2.       –12 X 5 = …….+……
3.       12 + ( 14 + 70) = (….+….) + ….
4.       10 X (-19 X 5)   = (….+…) + ….
5.       15+23 X 2          = …….+ (…. X ….)


Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif


























Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 2
Alokasi Waktu        : 2 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah


IX.      Kompetensi Dasar                         :  Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.

X.      Indikator                                         : 
Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), assosiatif (pengelompokan), dan distributif dalam perhitungan

XI.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

XII.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

XIII.      Metode Pembelajaran                    : Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

XIV.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang macam-macam  bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya

Kegiatan Inti
d.      Eksplorasi
Pada awal pembelajaran guru dan murid Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 2 kancing Merah X 2 Kancing Putih + 3 kancing hijau) kemudian disebarkan masing masing kancing dengan kancing yang sudah di sediakan sesuai dengan warna yang telah di berikan di awal
e.       Elaborasi
Menjelaskan langkah-langkah mengerjakan hitungan dalam sifat bilangan bulat ( distributive// penyebaran ) penjumlahan dan perkalian
f.       Konfirmasi
Setelah selesai melakukan percobaan dan penjelasan oleh guru lalu ditarik kesimpulan kemudian siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.

Kegiatan Akhir
Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaa nrumah dan memberi tahu materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

XV.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  Kancing Baju
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
XVI.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian

Instrumen
1.      3X (2 + 17) = (……X……) + (……X……)
2.       –12 X (5 – 8 ) = (-12 X……) - (……X 8 )
3.       12 X ( 14 + 70) = (….X….) + (……X……)
4.       10 X (-19 - 5)   = (….X….) - (……X……)
5.       –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)


Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif








                            










Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 3
Alokasi Waktu        : 2 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah


I.      Kompetensi Dasar                          :  Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.

II.      Indikator                                         : 
·         Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan , puluhan serta ratusan terdekat.
·         Menaksir hasil operasi hitung ( Menjumlahkan, mengurangkan, mengali dan membagi) dua bilangan.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

IV.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

V.      Metode Pembelajaran                    :  Ceramah, Tanya Jawab, Ekspositori, latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Guru mencoba menggali kemampuan siswa dengan mencoba mengeksplorasi pengetahuan anak-anak dalam membulatkan bilangan yang telah mereka pelajari di kelas 4 , bagi siswa yang bisa dipersilahkan untuk mengacungkan tangan
b.      Elaborasi
Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan menaksir  dengan menggunakan garis bilangan.

 

                    1       2        3       4      5       6     7      8      9     10
 

                      dibulatkan ke bawah            dibulatkan ke atas
selain dengan cara tersebut kembali guru menjelaskan dengan menggunakan hutang bayar seperti: -2 + 10 dibaca ( punya hutang 2 dibayar 10) maka isinya 8, karena 8 merupakan kembalian dan kembalian bukan hutang maka isinya positif.
c.       Konfirmasi
Kemudian melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.


Kegiatan Akhir
Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.


VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian

Instrumen
1.       7823 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi ………..
2.       5467 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi………….
3.       234  …………………
4.       1786 ………………..
5.       3456 + 456 ………
6.       567 X 4    ……….
7.       dst.




Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif












Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 4
Alokasi Waktu        : 2 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah


I.      Kompetensi Dasar                          : 
   Melakukan Operasi Hitung Campuran bilangan bulat

II.      Indikator                                         : 
·   Membaca dan menulis bilangan bulat dalam kata-kata dan angka.
·   Menunjukan bilangan bulat dengan garis bilangan.
·   Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

IV.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

V.      Metode Pembelajaran                    :  Tanya Jawab, Ekspositori, latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.

Kegiatan Inti
a.      eksplorasi
Guru mencoba menggali kemampuan siswa dengan mencoba mengeksplorasi dengan perumpamaan hutang dan bayar yang sering siswa lakukan sehari-hari, negatif di umpamakan sebagai hutang sedangkan tambah di umpamakan sebagai pembayaran  
b.      elaborasi
1.Membuat garis bilangan, melakukan pengamatan apa saja yang terdapat pada garis bilangan tersebut, didiskusikan sampai memperoleh kesimpulan.
2.Menjelaskan cara menjumlahkan dan mengurangkan  dua bilangan bulat dengan garis bilangan. Setelah itu mendiskusikan cara menjumlahan dan mengurangkan bilangan bulat yang lain sampai didapat kesimpulan. 
c.       konfirmasi
1. Siswa diuji keterampilan dan kemampuan  dengan mengerjakan soal-soal latihan.

Kegiatan Akhir
.Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.


VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 A Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  Koin Logam , manik-manik, dll
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian

Instrumen

1.       – 234 ditulis………………..
2.       positif lima ratus empat puluh lima ditulis……………
3.       Buatlah diagram panahnya 4, -5,-3 –10!
4.       Buatlah diagram panah dari operasi 3 + - 10 = n!
5.       –34 + 20 =…………
6.       –20 – 30 = …………


Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif






















Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 5
Alokasi Waktu        : 3 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          : 
   Melakukan Operasi Hitung Campuran bilangan bulat

II.      Indikator                                         : 
·    Melakukan Operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat.
·    Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat (penjumlahan, pengurangan,perkalian dan pembagian)
·    Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

IV.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

V.      Metode Pembelajaran                    : Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Melakukan diskusi kelas untuk menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat. Guru memberikan kasus-kasus mengenai perkalian dan pembagian bilangan bulat, misalnya: bagaimanakah hasil dari …….
(+) x (+)  contoh   4 x 5 =……
(+) x (-)   contoh  3 x (-7) =….
b.      Elaborasi
Guru menjelaskan dan Memberikan beberapa kasus mengenai operasi hitung campuran terutama operasi hitung campuran  penambahan atau pengurangan dengan perkalian atau pembagian, setelah itu mengadakan  diskusi  kelas dan bersama-sama mencari kesimpulan. Bagaimanakah hasil dari:
          Pengerjaan dari kiri                                                             Pengerjaan dari kanan
(40 + 50) – 70 =             apakah hasilnya sama dengan         40 + ( 50 – 70)  =…
(45 – 45) : 5    =             apakah hasilnya sama dengan          45 – (45 : 9)     = …
(12 x 5) + 6     =             apakah hasilnya sama dengan           12 x ( 5 + 6)    = …
Lalu kasus-kasus itu didiskusikan lalu bersama-sama mencari  aturan dasar dalam operasi hitung campuran.


c.       Konfirmasi
Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat misalnya masalah jual beli dll.
Melakukan latihan soal  yang memecahkan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Akhir
.Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 A Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian  dan uraian

Instrumen

1.       – 20 X 45 = …..
2.       –450 : -9  = …….
3.       Kapal selam berada pada kedalaman 350 m dibawah permukaan laut, sebuak pohon kelapa berada pada ketinggian 320 m diatas permukaan air laut, berapakah perbedaan jarak antara kapal selam dan pohon kelapa itu?





Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif










Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 6 dan 7
Alokasi Waktu        : 4 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          : 
Menghitung Perpangkatan dan akar sederhana

II.      Indikator                                         : 
·    Menuliskan pangkat dua sebagai perkalian berulang.
·    Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

IV.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

V.      Metode Pembelajaran                    :  Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi
Memberikan motivasi dan semangat dengan permainan atau cerita pendek.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Membuat tabel perkalian dari perkalian 1 sampai dengan 10 lalu beri warna bilangan yang dikalikan bilangan yang sama, melakukan diskusi dan bersama-sama menarik kesimpulan.
b.      Elaborasi
Menjelaskan cara melakukan operasi hitung bilangan berpangkat dua, memberikan beberapa permasalahan melakukantanya jawab dengan siswa. Contoh Permasalahan:
1.       82 + 4 2= (8 x 8) + (4 x 4)  apakah hasilnya sama dengan  82 + 4 2 = ( 8 + 4 ) 2
2.       62 x 52 = (6x 6) + (5 x 5)   apakah  hasilnya sama dengan  62 x 52 = (6 x 5 ) 2
Manakahyang benar?
Mengingatkan kembali tentang aturan baku operasi hitung campuran bilangan bulat.
Siswa diuji keterampilan dan kemampuan  dengan mengerjakan soal-soal latihan tremasuk soal operasi hitung campuran bilangan berpangkat dua.

Kegiatan Akhir
Guru meriview kembali mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan memberi tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 A Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian

Instrumen
1.       Arti dari 52 ………..
2.       122 = ….x ….=….
3.       502  +  102 = ……
4.       602 : 202 – 102 =…….
5.       dst.





Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif


























Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 8
Alokasi Waktu        :  2 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          : 
Menghitung Perpangkatan dan akar sederhana

II.      Indikator                                         : 
Melakukan penarikan akar  pangkat dua dari bilangan kuadrat.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

IV.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

V.      Metode Pembelajaran                    :  Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengulang sedikit materi tentang bilangan berpangkat dua dan hubungannya dengan penarikan akar pangkat dua.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
b.      Elaborasi
Menjelaskan cara melakukan penarikan akar pangkat dua dengan beberapa cara, siswa dapat bebas memilih cara mana yang dimengerti untuk memecahkan permasalahan pada soal. Penarikan akar dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
2.       Faktorisasi Prima
3.       Cara Bersusun
4.       Cara Menaksir
c.       Konfirmasi
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya dalam menarik akar pangkat dua termasuk soal latihan operasi hitung akar pangkat dua.

Kegiatan Akhir
Guru meriview kembali mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan memberi tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 A Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian  dan uraian

Instrumen
1.       = …….
2.       = ……
3.        +   = ……..




Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif






























Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 9
Alokasi Waktu        : 3 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          : 
Menghitung Perpangkatan dan akar sederhana

II.      Indikator                                         : 
·   Membandingkan akar pangkat dua suatu bilangan dengan bilangan yang lain.
·   Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pangkat dua dan akar pangkat dua.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

IV.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

V.      Metode Pembelajaran                    :  Tanya Jawab, diskusi, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengulang sedikit  materi tentang cara menarik akar pangkat dua.

Kegiatan Inti
·   Melakukan diskusi dan memecahkan permasalahan  soal-soal pada buku paket.
·   Menceritakan tentang manfaat dan kegunaan akar pangkat dua  dan bilangan pangkat dua dalam kehidupan sehari –hari lalu mencoba penerapannya dalam soal cerita.
3. Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.

Kegiatan Akhir
Guru memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 A Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian  dan uraian

Instrumen
Gunakan lah tanda >, < atau = pada titik-titik yang telah disediakan!
1.  + …………………..35
2.  36 ……………………………
3.-   ………………….

4.  Halaman sekolah Amir berbentuk persegi  dengan sisi 14 m. hitunglah luas halaman sekolah amin?
5.  Ibu membeli 12 lusin piring dan gelas. Berapa banyak jumlah piring dan gelas yang di beli ibu.
6. Sawah Pak Karta berbentuk persegi panjang dengan luas 1024 m2. berapakah panjang sisi kebun Pak Karta?
7.dst





Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif

























Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 10 dan 11
Alokasi Waktu        : 4 x 35 Menit


Standar  Kompetensi :  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          : 
Menghitung Perpangkatan dan akar sederhana

II.      Indikator                                         : 
Memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan FPB dan KPK.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat

IV.      Materi Ajar                                     : Operasi Hitung Bilangan Bulat

V.      Metode Pembelajaran                    :  Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengulang kembali kesimpulan mencari FPB dan KPK.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Siswa diuji untuk pengetahuannya dalam memahami bilangan prima dan di persilahkan kepada untuk mencari sendiri bilangan prima dari bilangan 1-20
Menceritakan kegunaan FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari setelah itu melakukan percobaan dengan alat percobaan (manik-manik, Lonceng dll)
b.      Elaborasi
Menjelaskan cara mengerjakan KPK dan FPB sesuai dengan yang ada di buku paket
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
c.       Konfirmasi
Siswa di beri kesempatan untuk mengerjakan soal-soal kedepan

Kegiatan Akhir
Guru memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis



VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes


Bentuk
Isian  dan uraian

Instrumen
1. Ani latihan karate 4 hari sekali, Adit latihan karate 5 hari sekali pada hari ke berapakah ani dan Adit latihan karate bersama-sama?
2. ibu mempunyai lemper 24 buah dan bolu kukus sebanyak 60 buah yang akan disimpan dalam piring dengan jumlah lemper dan bolu kukus sama banyak, berapa banyak piring yang harus disediakan oleh ibu dan berapaka jumlah lemper dan bolu kukus ada masing-masing piring?
3. dst.





Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif






















Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 12 dan 13
Alokasi Waktu        : 4 x 35 Menit


Standar  KompetensiMengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          : 
Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam

II.      Indikator                                         : 
·         Menetukan tanda waktu dengan notasi 12 jam ( melibatkan keterangan pagi, sore atau malam.
·         Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam.
·         Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu seperti jam, hari, abad,

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Menuliskan tanda waktu

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    :  Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Membahas masalah Jam, Apa saja yang terdapat pada jam seperti jarum jam, jarum menit, jarum detik dll.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Siswa diuji pengetahuan dalam menentukan satuan waktu 24 jam yang dipergunakan dalam kegiatan sehari-hari
Melakukan percobaan dengan membuat jam mainan dari karton, memberikan permasalahan untuk didiskusikan sampai didapat kesimpulan. Setelah itu siswa diuji kemampuannya dengan memecahkan persoalan yang ada pada buku paket.
b.      Elaborasi
Guru menjelaskan mengenai satuan waktu 24 jam sesuai dengan buku yang di pergunakan
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
Membahas macam-macam satuan waktu, mangadakan Tanya Jawab untuk menentukan operasi hitungnya sampai diperoleh suatu kesimpulan.
c.       Konfirmasi
Siswa mengerjakan soal-soal kedepan yang telah di buat oleh guru dengan cara rebutan
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan

Kegiatan Akhir
Guru memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.


VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian 

Instrumen
Berilah keterangan pagi, siang , sore atau malam untuk no 1 s.d 4!
Contoh: Pukul 13.00 = Pukul 1 Siang
1.       Pukul 14.30 = …………
2.       Pukul 18.00 = …………
3.       Pukul 22.00 = …………
4.       pukul 24.00 = ………….
Carilah persamaannya untuk soal no 5 s.d 7
Contoh: Pukul 10.00 = Pukul 22.00
5.       Pukul 16.00 = …………..
6.       Pukul 07.00 = ……………
7.       Pukul 21.00 =…………….
8.       8 Jam + 55 detik = ……………….detik





Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif











Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 14
Alokasi Waktu        : 2 x 35 Menit


Standar  KompetensiMengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          :   Melakukan operasi hitung satuan waktu

II.      Indikator                                         : 
·         Menentukan besar sudut yang ditunjukan oleh jarum jam.
·         Menentukan besar sudut dengan menggunakan alat (busur derajat), dan menaksir besar suatu sudut.

III.      Tujuan Pembelajaran                    :  Pengukuran sudut

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    :  Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Membahas masalah Jam, Apa saja yang terdapat pada jam seperti jarum jam, jarum menit, jarum detik dll.

Kegiatan Inti
a.      eksplorasi
Mendiskusikan cara mencari besar sudut satuan pada jam dengan menggunakan miniatur jam yang telah dibuat sampai diperoleh kesimpulan setelah itu siswa diuji kemampuannya  mengerjakan soal-soal pada buku paket. Besar sudut satuan pada jam setiap 5 menit besarnya adalah 3600 : 12 = 15o.
b.      Elaborasi
Menjelaskan cara mengukur sudut dengan menggunakan busur derajat, mendiskusikan jenis-jenis sudut dan menentukan beberapa sudut acuan untuk menaksir besar sudut. Beberapa yang menjadi sudut acuan yaitu 300,450, 600, 900, 1200
c.       Konfirmasi
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan yang di tulis di depan dengan cara rebutan kemudian memberikan soal-soal latihan yang di kerjakan oleh individu di buku latihan.

Kegiatan Akhir
Guru memberikan Kesimpulan mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis


VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian 

Instrumen

1.      Sudut  terkecil yang dibentuk oleh pukul 14.30 adalah……
2.      Sudut terkecil yang dibentuk oleh pukul 09.20 adalah……
3.      Banyaknya sudut satuan yang dibentuk oleh pukul 07.40 adalah …………
4.      Banyaknya sudut satuan yang dibentuk oleh pukul 24.00 adalah….. ……
5.      Sudut  terkecil yang dibentuk oleh pukul Pukul 23.30 adalah …………..
6.      Ukurlah Besar sudut dibawah ini dengan menggunakan busur derajat!
7.       
 


                                                                                               
 

8.      Taksirlah besar sudut di bawah ini !
 







Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif











Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 15
Alokasi Waktu        : 2 x 35 Menit


Standar  KompetensiMengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          :  Melakukan pengukuran sudut

II.      Indikator                                         : 
Menggambar sudut siku-siku, lancip dan tumpul dengan busur derajat.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Melakukan pengukuran sudut

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    :  Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang macam-macam sudut.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
b.      Elaborasi
Melakukan percobaan membuat sudut siku-siku, lancip, dan tumpul dengan menggunakan busur derajat, sebelumnya diskusi terlebih dahulu untuk menentukan langkah-langkah membuat sudut.
c.       Konfirmasi
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya dalam menggambar macam-macam sudut.

Kegiatan Akhir
Guru meriview kembali  materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.


VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes


Bentuk
Isian 

Instrumen
1.       Buatlah sudut yang besarnya 200?
2.       Buatlah sudut yang besarnya 75o?
3.       Buatlah sudut yang besarnya 1050?
4.       Buatlah sudut yang besarnya 1350?
5.       Buatlah sudut yang besarnya 900?






Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif



























Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 16 dan 17
Alokasi Waktu        : 4 x 35 Menit


Standar  KompetensiMengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          :  Mengenal satuan jarak dan kecepatan

II.      Indikator                                         : 
·         Menentukan jarak jika waktu dan kecepatan diketahui.
·         Menentukan kecepatan jika jarak dan waktu diketahui.
·         Menentukan waktu jika jarak dan kecepatan diketahui.
·         Menentukan waktu keberangkatan dan waktu tiba
III.      Tujuan Pembelajaran                    : Memahami satuan dimensi lebih dari satu

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    :  Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Menceritakan dalam kehidupan nyata mengenai kecepatan, jarak dan waktu.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Siswa di uji kemampuannya untuk mengetahui waktu yang mereka tempuh dari rumah kesekolahan yang setiap hari mereka lakukan
b.      Elaborasi
Menjelaskan hubungan antara jarak, waktu dan kecepatan dengan diagram. Berdiskusi bersama-sama untuk menurunkan rumus mencari jarak, waktu dan kecepatan sampai diperoleh kesimpulan.
Bentuk diagram hubungan jarak, waktu dan kecepatan.
   
                                                             Jarak
                                  :                                                            :

                     Waktu                                  x                             Kecepatan

Membahas beberapa soal secara bersama-sama mengenai kecepatan, jarak , waktu dan kecepatan  juga dalam menentukan waktu berangkat dan waktu tiba.


c.       Konfirmasi
Siswa diuji kemampuannya dengan cara mengerjakan soal di depan dengan cara rebutan  dan kemampuan siswa diiuji dengan mengerjakan soal-soal latihan pada buku paket.

Kegiatan Akhir
Guru memberikan kesimpulan materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis


VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian 

Instrumen
1. Lama perjalanan = 3 jam. Kecepatan per jam= 45 km. Jarak = ………km
2. Jarak = 140 km. Lama perjalanan = 4 jam. Kecepatan per jam = …..km
3. Waktu berangkat 07.15. lama perjalanan 2 jam 12 menit. Waktu tiba pukul = ….




Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif
















Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 18
Alokasi Waktu        : 2 x 35 Menit


Standar  Kompetensi                        :  Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu jarak dan kecepatan

I.      Kompetensi Dasar                          :  Mengenal satuan jarak dan kecepatan

II.      Indikator                                         : 
Memecahakan kehidupan sehari-hari yang melibatkan jarak waktu dan kecepatan.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Memahami satuan dimensi lebih dari satu

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    :, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengulang kembali hubungan jarak, waktu dan kecepatan pada diagram.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Menceritakan kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan jarak, waktu dan kecepatan .
b.      Elaborasi
Guru sedikit mengulang penjelasan mengenai jarak dan waktu yang telah di jelakan pada pertemuan sebelumnya
Membahas beberapa permasalahan tentang jarak, waktu dan kecepatan pada soal-soal latihan.
c.       Konfirmasi
Siswa diuji kemampuannya dengan cara mengerjakan soal di depan dengan cara rebutan  dan kemampuan siswa diiuji dengan mengerjakan soal-soal latihan pada buku paket.

Kegiatan Akhir
Guru memberikan kesimpulan materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis



VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes


Bentuk
Uraian

Instrumen
1. Pak Kabul pergi ke Surabaya naik kereta Agro Bromo, berangkat dari Jakarts pukul 07.00 malam. Kecepatan kereta api rata-rata 90 km. Jika jarak Jakarta Surabaya 900 km, pukul berapa kereta api tiba di Surabaya?

2. Pak Darmo mengendarai mobil di jalan tol jago rawi. Ia berangkat dari Jakarta pukul 06.20 dan tiba di ciawi pukul 07.00. jika kecepatan mobil rata-rata 90 km per jam, berapa jarak yang ditempuh Pak Darmo?

3. Sebuah pesawat terbang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 05.30 dan tiba di bandara Juanda pukul 07.00. Berapa km kecepatan pesawat terbang per jam, jika karak yang diitrmpuh 900 km?

4. dst.







Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif













Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 19 dan 20
Alokasi Waktu        : 4 x 35 Menit


Standar  Kompetensi                        :  Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          :  Menghitung luas trapesium dan layang-layang

II.      Indikator                                         : 
Menemukan rumus luas bangun datar: (trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang).
III.      Tujuan Pembelajaran                    : Menurunkan dan menemukan luas bangun datar

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    : Diskusi,Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengenalkan dulu macam-macam bangun datar yang ada disekitar.

Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Guru memberikan contoh bangun datar kertas atau benda lainnya , kemudian siswa diuji pengetahuannya untuk menyebutkan bangun datar lainnya selain yang di contohkan oleh guru.
b.      Elaborasi
Melakukan percobaan untuk mencari rumus dengan mengambar bangun datar: (trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang) pada kertas berpetak, lalu dibentuk menjadi segitiga kemudian dicari luasnya yang kemudian diturunkan menjadi rumus bidang datar tersebut.
Membahas beberapa permasalahan dalam soal-soal latihan.
c.       Konfirmasi
Siswa mengerjakan soalr ebutan yang dibuat oleh guru kedepan dan Siswa diuji pemahamannya dengan mengerjakan soal-soal latihan tentang bangun datar (trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang) .

Kegiatan Akhir
Guru memberikan kesimpulan materi yang telah didiskusikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  Kertas putih
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes


Bentuk
isian

Instrumen
1.                   
         5 cm                                                                    22 cm
     7 cm                                                           
 

       12 cm                                                     34 cm
                                       d1 = 25 cm                                                   d1 = 16 cm
                                       d2 = 30 cm                                                   d2 = 12 cm
                                             
 




Hitunglah luas bangun di atas!



Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif


















Rencana Pelaksanaan Permbelajaran



Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 21
Alokasi Waktu        : 2 x 35 Menit


Standar  Kompetensi                        :  Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          :  Menghitung luas trapesium dan layang-layang

II.      Indikator                                         :
   Menentukan luas bangun datar dengan memanfaatkan rumus segitiga.
      
III.      Tujuan Pembelajaran                    : Menurunkan dan menemukan luas bangun datar

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    : Diskusi,Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali Rumus mencari segitiga yang telah dipelajari pad kelas sebelumnya.

Kegiatan Inti
·         Membahas cara menggunakan rumus segitiga untuk mencari luas bangun datar (trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang). Menggambar dulu bangun datar yang akan dihitung, lalu bangun datar tersebut dibagi 2 atau 4 buah segitiga (sesuai kemampuan bangun datarnya). Misalnya:
                                   Trapesium dapat dibuat 2 buah segitiga yang
  I                                sama besarnya. Luas segitiga I dan II dihitung
              II                   dengan menggunakan rumus segitiga.
 

·         Membahas bersama-sama permasalahan yang ada pada soal-soal latihan.
·         Siswa diuji kemampuan dan pemahamannya mengerjakan soal-soal latihan pada  buku paket.

Kegiatan Akhir
Guru memberikan kesimpulan materi yang telah didiskusikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Uraian

Instrumen
1.  Gunakan rumus segitiga untuk mencari luas bangun di bawah ini
                   10  cm
                                                                   
    
     12  cm                                                           
                                                        13 cm
                 20 cm
                                                                          24 cm
                                       d1 = 16 cm                                                   d1 = 23 cm
                                       d2 = 20 cm                                                   d2 = 20 cm
                                             
 






Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif




















Rencana Pelaksanaan Permbelajaran



Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 22
Alokasi Waktu        : 2x 35 Menit


Standar  Kompetensi                        :  Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          :  Menghitung luas trapesium dan layang-layang

II.      Indikator                                         :
Menemukan rumus mencari tinggi, alas bangun datar trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang) dengan cara menurunkan dari rumus pokok.

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Menurunkan dan menemukan luas bangun datar

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    : Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali Rumus mencari luas bangun datar (trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang) yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Kegiatan Inti
·         Membahas cara menurunkan rumus mencari alas dan tinggi bangun datar sederhana dari rumus luas masing-masing bangun datar.
·         Membahas bersama-sama permasalahan yang ada pada latihan soal.
·         Siswa diujikemampuan dan pemahamannya dengan  mengerjakan soal latihan.

Kegiatan Akhir
Guru memberikan kesimpulan materi yang telah didiskusikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis


VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes


Bentuk
isian

Instrumen

                  5 cm        Luas = 120 cm2     
                                                                                                               Luas = 50 cm2
    
     12  cm                                                           
                                                        t =…
                a = …..                                                                                
                                       d1 = ….                        10 cm                      d1 = 15 cm
                                       d2 = 20 cm                                                   d2 = …..
                                        Luas = 250 cm2     
   
 

                                                                                                           
                                                                                                     Luas =105 cm2





Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif






















Rencana Pelaksanaan Permbelajaran



Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 23
Alokasi Waktu        :  2 x 35 Menit


Standar  Kompetensi                        :  Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                          :  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar

II.      Indikator                                         :
Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan luas bangun datar

III.      Tujuan Pembelajaran                    : Menurunkan dan menemukan luas bangun datar

IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    : Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali macam-macam rumus bangun datar (trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang).
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Mengadakan Percobaan mengukur benda-benda sekitar yang berbentuk trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang kemudian setelah itu  luas benda tersebut di hitung.
b.      Elaborasi
Diadakan diskusi pembahasan hasil percobaan dan pengamatan siswa terhadap benda-benda sekitar.
c.       Konfirmasi
Membahas permasalahan secara bersama-sama soal cerita tentang luas bangun datar.
Menguji keterampilan siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan.

Kegiatan Akhir
Guru meriview kembali materi yang telah didiskusikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis



VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Uraian

Instrumen

1.       Sebidang tanah berbentuk trapezium. Sisinya 24 m dan 28 m. jika tngginya 13 m. berapa are luas tanah itu?
2.       Tiara membuat model jajaran genjang dari karton. Alasnya 27 cm dan tingginya sepertiga alasnya. Berapa cm2 karton yang dibutuhkan?
3.       Meja makan Bu Citra berbentuk lingkaran. Seluruh permukaan meja ditutupi kaca. Jika jari-jari meja makan itu 35 cm. Hitunglah luas kaca yang menutupi  meja makan tersebut?
4.       dst.





Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif










Rencana Pelaksanaan Permbelajaran



Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester        : V/ I
Pertemuan Ke         : 24 dan 25
Alokasi Waktu        :  4 x 35 Menit


Standar  Kompetensi                        : Menghitung volum kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                         : Menghitung volum kubus dan balok

II.      Indikator                                         :
·         Menemukan rumus kubus dan balok.
·         Menemukan rumus mencari panjang, lebar dan tinggi pada balok juga sisi pada kubus .


III.      Tujuan Pembelajaran                    : Menurunkan dan menemukan luas bangun ruang
IV.      Materi Ajar                                     : Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

V.      Metode Pembelajaran                    : Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI.      Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengenalkan macam-macam bangun ruang misalnya ruangan kelas, kotak kapur, penghapus papan tulis yang berbentuk balok, dan benda-benda lain yang berbentuk kubus.
 
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
Guru memberikan gambaran mengenai perbedaan volum sama luas, dengan contoh menyusun kubus kecil yang akan menjadi kubus besar dari susunan kubus-kubus kecil, contoh lain yaitu sebuah bak mandi yang memilki isi air yang mana ruangan kosong yang dapat diisi air itulah yang disebut dengan volume
Berdiskusi untuk mencari perbedaan bangun datar dan bangun ruang setelah di dapat kesimpulan baru melakukan percobaan untuk mencari volum kubus dan balok dengan menggunakan kubus satuan.
b.      Elaborasi
Menjelaskan cara mencari panjang, lebar, tinggi pada balok dan sisi pada kubus dengan cara menurunkan dari rumus pokok.
Membahas permasalahan yang ada pada soal latihan mengenai volum kubus dan balok secara bersama-sama.
c.       Konfirmasi
Menguji keterampilan siswa dengan mengerjakan soal rebutan kedepan soal-soal latihan volum kubus dan balok di buku latihan masing-masing.

Kegiatan Akhir
Guru meriview kembali materi yang telah didiskusikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
q  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis


VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
1sian

Instrumen



Mengetahui

Serang, ............. ..2011
Kepala Sekolah





Sobriah Hasan S.Pd.i
NIP. 198208172007102003

Guru Mata Pelajaran Matematika





Abdul Latif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA